Stay in touch
Subscribe to our RSS!
Oh c'mon
Bookmark us!
Have a question?
Get an answer!

Menentukan spefikasi dan jenis-jenisa Aplikasi server

1 komentar

Dalam suatu jaringan komputer, server merupakan sebuah komputer yang bertugas melayani permintaan tertentu dari komputer lain (client). Server merupakan suatu layanan terintegrasi pada jaringan komputer yang menggunakan sistem operasi tertentu ditambah dengan beberapa aplikasi tertentu dengan tujuan tertentu pula. Aplikasi – aplikasi ini perlu dipilih (baik jenis maupun versi yang digunakan) untuk keperluan yang sesuai dengan tujuan perancangan server tersebut. Disamping itu, karena PC server mempunyai tugas yang lebih berat jika dibandingkan dengan PC lain dalam jaringan tersebut, maka spasifikasi hardware perlu ditentukan dengan tepat.

Menetapkan spesikasi server

Setiap orang memiliki alasan sendiri untuk memilih dedicated server yang digunakan untuk bekerja dan membandingkan dengan pilihan pilihan lain. Untuk kebutuhan bisnis maupun individu telah ditetapkan bahwa kontrol, keamanan, dan performa (kecepatan, kestabilan, ketahanan) merupakan aspek yang paling penting. Sebuah dedicated server secara efektif akan menawarkan ketiga kreteria tersebut agar menyenangkan dan memuaskan klien. Setelah menetapkan bahwa dedicated server adalah pilihan terbaik bagi jaringan kita, langkah berikutnya dan seringkali sulit dilakukan adalah menetapkan spesifikasi server yang paling sesuai untuk kebutuhan tersebut. Kita harus melakukan penelitian dan menentukan parameter yang akan membantu kita memutuskan spesifikasi server yang digunakan.

Tidak ada rumus tunggal untuk menetapkan spesifikasi PC yang dibutuhkan untuk server kita. Hal ini tergantung pada kebutuhan sumber daya yang kita kelola dengan server tersebut. Spesifikasi terbaik mungkin secara sederhana dapat ditetapkan untuk jangka waktu minimal satu tahun. Upgrade ke spesifikasi yang lebih tinggi dalam waktu kurang dari dua belas bulan bisa jadi membutuhkan biaya mahal. Kebutuhan sumber daya akan ditentukan oleh faktor – faktor misalnya bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengembangkan website, lalu lintas yang diharapkan, ruang penyimpanan data, proses akan ditangani oleh situs, jenis keamanan dan hal – hal terkait lainnya.
Jika dilihat dari fisiknya, hardware server dapat dibagi menjadi dua yaitu :

  1. Dedicated server
    Deicated server merupakan mesin yang secara khusus dirancang oleh vendor, baik secara fisik maupun fungsi untuk aplikasi tertentu. Masin ini mempunyai spesifikasi yang maksimal sehingga dapat memberikan layanan terbaik kepada client yang memanfaatkan layanannya.
  2. PC Server,
    PC server merupakan komputer yang difungsikan sebagai penyedia aplikasi untuk keperluan jaringan komputer, misalnya mengatur lalu lintas, atau menyediakan layanan – layanan tertentu (file, web, email, dsb.). Untuk keperluan ini, spesifikasi PC harus diperhatikan. Karena jika spesifikasi kurang mendukung maka fungsi layanan dalam jaringan tersebut akan terganggu. Secara sederhana biasanya ditentukan spesifikasi server satu tingkat diatas client.
Untuk PC server, selain memiliki spesifikasi standar pada bagian input dan outputnya, suatu mesin server harus memiliki spesifikasi yang sesuai pada bagian pengolah datanya, terutama kapasitas kerja dari CPU dan memory (RAM). Hal tersebut bisa bergantung pada sistem operasi dan aplikasi yang akan membebaninya.
Contoh rekomendasi spesifikasi server yang disarankan oleh Operating Sistem Windows Server 2003 ditunjukkan tabel 1 untuk spesifikasi CPU dan tabel 2 untuk RAM
.

Table 1  CPU Requirements for Windows Server 2003
SpecificationWindows Server 2003, Standard EditionWindows Server 2003, Enterprise EditionWindows Server 2003, Datacenter Edition
Minimum recommended CPU speed550 MHz550 MHz550 MHz
Number of CPUs supported1–41–88–32

Table 2   Minimum and Maximum RAM for Windows Server 2003
RAM SpecificationWindows Server 2003, Standard EditionWindows Server 2003, Enterprise EditionWindows Server 2003, Datacenter Edition
Minimum recommended RAM256 MB256 MB512 MB minimum
Maximum RAM4 GB32 GB64 GB

Tips :
Peritah - perintah untuk melihat spesifikasi server pada OS Linux
prtconf #
lscfg -vp

Aplikasi Server

Aplikasi server digunakan untuk melayani berbagai kebutuhan client yang ada dalam jaringan tersebut. Jaringan yang dimaksud dapat berukuran kecil (LAN), menengah (MAN) maupun jaringan besar (WAN – Internet). Sehingga pemilihan aplikasi, baik jenis maupun versinya, juga harus memperhatikan ukuran jaringa tersebut.
Hal lain yang perlu diperhatikan adalah keperluan aplikasi tersebut, apakah digunakan untuk penyedia layanan atau sebagai pengelola lalu lintas jaringan. Dari kategori tersebut dapat dikategorikan aplikasi server berdasarkan keperluannya yaitu :
  1. Aplikasi penyedia / penunjang layanan jaringan komputer
    Aplikasi jenis ini misalnya : DNS server, Proxy server, Web, Database server, DHCP server, Mail server, ssh server, file – printer server, ftp server, dsb. Aplikasi – aplikasi ini akan melayani client sesuai dengan kebutuhannya. Seringkali satu server harus menjalankan berbagai aplikasi server, atau hanya satu aplikasi saja yang dijalankan.
  2. Aplikasi pengelola lalu lintas jaringan
    Aplikasi jenis ini misalnya : monitoring trafic, routing, menejemen jaringan (mis. User account, password).

Penugasan

  1. Apa saja yang harus diperhatikan dalam menentukan spesifikasi server (baik yang dedicated maupun PC server)?
  2. Buatlah urutan / tata kerja jika anda diminta untuk menentukan spesifikasi server suatu jaringan di sekolah!

1 komentar: