Stay in touch
Subscribe to our RSS!
Oh c'mon
Bookmark us!
Have a question?
Get an answer!

Langkah-langkah menggunakan command promt di windows

0 komentar




Untuk menggunakan command prompt di Windows anda dapat mengikuti langkah – langkah berikut :
Klik Start > Run > Ketik perintah Cmd
Tampilan kotak dialog run :
dRnNL Perintah Jaringan di Windows

Perintah IPConfig

IPConfig digunakan untuk melihat indikasi pada konfigurasi IP yang terpasang pada Komputer kita, dari gambar dibawah kita dapat melihat beberapa informasi penting setelah kita menjalankan perintah IPConfig pada jendela command prompt dikomputer kita, kita dapat melihat Host Name, ip address, primary DNS, physical Address dan sebagainya.
Harus diingat bahwa perintah ini dapat dijalankan dengan baik apabila telah terpasang Network Card di komputer anda. Ipconfig menampilkan informasi berdasarkan Network Card yang terpasang
Tampilan perintah ipconfig :
wK2ef Perintah Jaringan di Windows

Perintah Ping

Ping digunakan untuk menguji apakah jaringan kita sudah bisa berfungsi dan terhubung dengan baik, misalkan pada gambar dibawah terlihat perintah ping google.com, jika kita melihat ada keluar pesan Reply from 118.98.119.89 besarnya berapa bites dan waktunnya berapa detik itu menandakan bahwa perintah untuk menghubungkan ke google.com dapat berjalan dan diterima dengan baik.
Seandainya jika kita melakukan ping untuk nomor IP yang tidak dikenal maka akan keluar pesan Request Time Out yang berarti nomor IP tidak dikenal dalam jaringan tersebut ( ping 10.10.10.2 ).
TTL adalah Time To Live, yaitu batasan waktu agar paket data tersebut tidak mengambang dijaringan (karena tujuan koneksi tidak ditemukan )
Tampilan perintah ping google.com :
oj3WK Perintah Jaringan di Windows
Tampilan perintah ping 10.10.10.2 :
PFqMy Perintah Jaringan di Windows

Perintah NSLookUp

NSLookUp digunakan untuk mengetahui Name Server suatu domain dan memberikan alamt IP dari domain tersebut.
Tampilan perintah nslookup yahoo.com :
HWbNG Perintah Jaringan di Windows

Perintah Tracert

Tracert digunakan untuk mengetahui berapa lompatan (hop) yang kita lewati dan untuk mengetahui router mana saja yang kita lewati untuk mencapai suatu domain.
Tampilan perintah tracert google.com :
j2PpY Perintah Jaringan di Windows

0 komentar: