Stay in touch
Subscribe to our RSS!
Oh c'mon
Bookmark us!
Have a question?
Get an answer!

pengertian server dan jenis-jenis server

0 komentar

Pengertian dan Jenis Server

Server sesuai dengan namanya bisa diartikan sebagai pelayan pada suatu jaringan komputer. Server adalahkomputer yang berfungsi untuk melayani, membatasi, dan mengontrol akses terhadap client-client dan sumber daya pada suatu jaringan komputerServer didukung spesifikasi/kemampuan hardware yang besar (berbeda dengan komputer biasa)server juga menggunakan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan

Umumnya, di dalam sistem operasi server terdapat berbagai macam layanan yang menggunakan arsitektur client/server. Contoh dari layanan serveradalah DHCPMail ServerHTTP ServerFTP ServerDNS server, dan lain sebagainya. Setiapsistem operasi server umumnya membundel layanan-layanan tersebut, meskipun pihak ketiga dapat pula membuat layanan tersendiri. Setiap layanan tersebut akan merespon request dariclient. Sebagai contoh, DHCP client akan memberikan request kepada server yang menjalankan layanan DHCP Server ; ketika sebuah client membutuhkan alamat IP, klien akan memberikan request kepada server, dengan bahasa yang dipahami oleh DHCP Server, yaitu protokol DHCP itu sendiri.
Contoh sistem operasi server dari windows adalah  Windows NT 3.51Windows NT 4.0Windows 2000 Server dan Windows Server 2003, kemudian Sun SolarisUnix. Sementara sistem operasiberbasis GNU/Linux contohnya Ubuntu Server, Debian Server, Redhat, CentOS, dll 
Server biasanya terhubung dengan client dengan kabel UTP dan sebuah kartu jaringan. Kartu jaringan ini biasanya berupa kartu PCI atau ISA.
Dilihat dari fungsinya, server bisa di kategorikan dalam beberapa jenis, seperti: server aplikasi,server data maupun server proxy. Server aplikasi adalah server yang digunakan untuk menyimpan berbagai macam aplikasi yang dapat diakses oleh clientserver data sendiri digunakan untuk menyimpan data baik yang digunakan client secara langsung maupun data yang diproses olehserver aplikasi. Server proxy berfungsi untuk mengatur lalu lintas di jaringan melalui pengaturanproxy. Orang awam lebih mengenal proxy server untuk mengkoneksikan komputer klien keInternet.
Kegunaan server sangat banyak, misalnya untuk situs internet, ilmu pengetahuan, atau sekedar penyimpanan data.

Jenis-Jenis Server :
  1. Server PlatformServer platform adalah hardware atau software dasar untuk sistem yang bertindak sebagai mesin yang menggerakkan server
  2. Server Applikasi: Juga dikenal sebagai jenis middleware, berfungsi sebagai pengolah perintah dari client dan database.
  3. Server Audio / Video : Menyediakan kemampuan multimedia ke situs web dengan membantu pengguna untuk menyiarkan streaming konten multimedia.
  4. Chat Server : Untuk menangani chatting beberapa user.
  5. Fax Server : Fax server memungkinkan user untuk mengirim dan menerima fax melaluijaringan komputer
  6. FTP Server : File Transfer Protocol Server untuk transfer data, dari atau ke client
  7. Groupware Server : Ini adalah software yang dirancang yang memungkinkan pengguna untuk bekerja sama, terlepas dari lokasi, melalui Internet atau intranet perusahaan dan berfungsi bersama-sama dalam suasana virtual.
  8. IRC Server : Internet Relay Chat server memungkinkan user untuk berdiskusi lewatjaringan
  9. List Server : Menyediakan cara yang lebih baik mengelola milis. Server dapat berupa diskusi interaktif terbuka untuk orang-orang atau daftar satu arah yang memberikan pengumuman, buletin atau iklan.
  10. Mail Server : Server yang bertugas untuk menangani e-mail
  11. News Server: Ini berfungsi sebagai sumber distribusi dan pengiriman untuk banyak kelompok berita umum, didekati melalui jaringan berita USENET.
  12. Proxy Server : Proxy Server bertindak sebagai mediator antara client dan server diluarjaringan untuk menyaring/membatasi permintaan, meningkatkan kinerja koneksi dan sharing.
  13. Telnet Server : Untuk log on ke komputer host dengan cara remote dari komputer lain.
  14. Virtual Server : Virtual server adalah metode untuk mengurangi jumlah server fisik, jadi pada satu server fisik seolah-olah ada beberapa server.
  15. Web Server : Menyediakan konten ke web browser,  Web Server berkomunikasi menggunakan HTTP (Hypertext Transfer Protocol).

0 komentar: